Menjadi reseller online bukan satu-satunya cara untuk mendapatkan untung saat ini. Selain menjadi reseller, Anda bisa menjadi dropshipper. Cara dropship yang sukses dan berhasil ternyata tidak sesulit yang dipikirkan. Tekad kuat dan konsistensi perlu ditanamkan agar bisa terus sukses.

cara dropship

Droship atau dropshipper adalah cara menjual produk dimana produk tersebut tidak terdapat di penjual, melainkan di pemasok. Seorang dropshipper bisa dikatakan adalah seorang perantara yang melayani semua permintaan pembeli tanpa harus melakukan pembelian dan penyimpanan produk yang akan dijual.

Tips Cara Dropshipper Anti Gagal

Karena tidak menyimpan produk dan tidak melakukan pembelian dalam jumlah besar, Anda tidak memerlukan modal besar. Tidak ada anggaran untuk membuka gudang dan perawatannya. Keuntungan lainnya, adalah menjadi dropshipper ini lebih mudah, lebih fleksibel, dan lebih menghemat waktu.

Agar bisa menjadi dropshipper sukses dan berhasil, Anda bisa ikuti tips-tips-nya berikut ini.

1. Memilih Pemasok yang Berkualitas dan Kredibel

Salah satu kelemahan metode dropship ini adalah penjual tidak jarang tidak mengetahui kondisi produk yang dijual. Ketika pembeli hendak membeli, sang penjual bisa kaget karena mendapati produk yang dijual tidak tersedia, tidak dalam kondisi terbaik, dan telah rusak/cacat setelah dikirim.

Kelemahan ini harus Anda pahami dan benahi. Memilih pemasok yang berkualitas dan kredibel adalah tantangan terbesar seorang dropshipper. Anda perlu melakukan pencarian dan penyaringan pemasok dengan baik agar kejadian tidak terduga tersebut bisa dihindari dan citra Anda tidak runtuh apalagi hancur.

2. Layanan Yang Memuaskan

Selalu ada kemungkinan produk yang dikirim dari pemasok kurang memenuhi ekspektasi Anda dan pembeli. Minimnya kehadiran Anda dalam proses pengawasan kualitas di tahap pemasok akan meningkatkan kemungkinan hal tersebut terjadi. Jika hal tersebut terjadi, apa yang harus dilakukan?

Tentu saja, Anda harus menyiapkan kebijakan atau strategi untuk menghadapi situasi tersebut. Anda harus bersedia bertanggung jawab penuh untuk menanggung kerugian dan ketidakpuasan yang mungkin muncul. Tanggung jawab tersebut adalah bagian dari perbaikan dan pembentukan citra yang positif.

3. Menggunakan Sistem Pembayaran yang Aman

Cara dropship anti gagal selanjutnya adalah membangun dan menggunakan sistem pembayaran yang aman. Membangun dan menggunakan sistem pembayaran yang terpercaya ini mudah-mudah susah. Gunakan saja payment getaway jika Anda memiliki toko online sendiri.

Jika Anda tidak memiliki toko online sendiri, gunakan saja platform jual beli online yang sudah terkemuka di Indonesia. Platform atau marketplace semacam Lazada, Shopee, Tokopedia, dsb sudah memiliki sistem pembayaran yang terbukti aman dan kredibel.

4. Membuat Toko Online Untuk Branding

Seorang pemula mungkin akan memanfaatkan beragam marketplace yang ada di sana untuk menjalankan bisnis dropship-nya. Hal tersebut wajar dan direkomendasikan. Jika sudah berjalan dan hasilnya terhitung baik, kenapa tidak lanjut dengan membuat toko online sendiri dengan desain dan sistem sendiri.

Satu toko online untuk semua produk yang Anda jual lebih meyakinkan ketimbang marketplace. Penjual lebih intim dan serasa langsung masuk ke rumah penjual. Agar toko online Anda keren dan profesional, Anda mungkin harus mengeluarkan modal untuk menggunakan jasa pendesain dan pengembang website.

5. Tentukan dan Pilih Pasar Atau Market yang Pas

Pasar yang baik dan pas adalah pasar yang sesuai dengan ruang atau cakupan produk yang akan Anda jual. Dengan bahasa sederhana, pasar dan produk yang Anda tawarkan tentu saja harus nyambung. Lakukan riset pasar dan analisis menyeluruh untuk mendapatkan pasar yang sesuai dan menguntungkan.

6. Membangun Branding Produk atau Toko

Citra atau brand di era ekonomi digital dengan persaingan yang ketat ini kian memegang peran yang penting. Bukan mengabaikan kualitas, tetapi brand bisa menjadi daya tarik utama dari produk yang Anda tawarkan. Citra yang Anda buat adalah representasi dari identitas dan visi perusahaan/produk Anda.

Membangun citra perusahaan memang bukan perkara mudah dan bisa dilakukan dalam 1 malam saja. Gunakan sarana propaganda seperti media sosial, manfaatkan SEO, dan hal-hal digital lain agar citra perusahaan Anda tetap kuat. Brand yang kuat menghasilkan para pelanggan yang setia.

Dengan mengikuti tips cara dropship anti gagal di atas, Anda diharapkan bisa mendapatkan kesuksesan dari metode bisnis tersebut. Keuntungan dari metode ini memang tidak sebesar pada reseller. Namun, jika Anda melakukannya dengan serius dan konsisten maka jumlah keuntungannya tidak dapat diremehkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *